Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal UKG PAUD : Kompetensi Pedagogik

Contoh Soal UKG PAUD Kompetensi Pedagogik

Jawablah  pertanyaan  di  bawah  ini  dengan  memberikan  tanda  silang  (x)  pada pilihan jawaban yang menurut Anda paling benar!
1.  Menurut  Permendikbud  No.  146  tahun  2014,  yang  dimaksud  dengan pertumbuhan adalah...
A.  Bertambahnya  ukuran  fisik  dan  struktur  tubuh  sehingga  dapat  diukur dengan satuan panjang dan berat
B.  Bertambahnya ukuran fisik dan bersifat kualitatif
C.  Betambahnya fungsi psikis dan fisik anak
D.  Bertambahnya  kemampuan  struktur  dan  fungsi  tubuh  yang  lebih kompleks

2. Berikut ini merupakan faktor internal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, kecuali........
A.  Keluarga
B.  Jenis Kelamin
C.  Kelainan genetik
D.  Gizi

Contoh Soal UKG PAUD : Kompetensi Pedagogik


3.  Upaya  penjaringan  yang  dilaksanakan  secara  komprehensif  untuk menemukan  penyimpangan  tumbuh  kembang  pada  anak  usia  dini disebut......
A.  Intervensi
B.  Deteksi dini
C.  Stimulasi
D.  Interaksi

4.  Deteksi  dini  untuk  mengetahui  kelainan  pertumbuhan  pada  anak  dapat menggunakan teknik antropometri, yang meliputi pengukuran.....
A.  Berat badan, tinggi badan, gangguan motorik kasar
B.  Tinggi badan, lingkar kepala anak, gangguan psikologis
C.  Berat badan, tinggi badan, lingkar kepala anak
D.  Berat badan, tinggi badan, gangguan wicara

5.  Berikut ini merupakan pelaksana deteksi dini penyimpangan pertumbuhan di tingkat keluarga dan masyarakat, kecuali....
A.  Orang tua
B.  Kader kesehatan
C.  Guru PAUD/TK
D.  Ahli Gizi

6.  Deteksi  dini  perkembangan  anak  dapat  dilakukan  melalui  skrining perkembangan, yang terdiri atas beberapa perangkat, kecuali....
A.  Tabel berat badan/tinggi badan
B.  Kuesener pra skrining perkembangan (KPSP)
C.  Kuesener perilaku anak pra sekolah (KPAP)
D.  Tes daya Lihat (TDL)

7.  Denver  Development  Screening  Test  II  (DDST)  dapat  digunakan  untuk mendeteksi masalah perkembangan anak terutama dalam hal....
A.  Diagnosis kesulitan belajar
B.  Diagnosis gangguan bahasa
C.  Diagnosis gangguan emosional
D.  Membandingkan kemampuan perkembangan anak yang seumur

8.  Berikut  ini  merupakan  cara  menggunakan  kuesener  pra  skrining perkembangan (KPSP), kecuali.....
A.  Menentukan anak
B.  Memilih KPSP yang sesuai dengan usia anak
C.  Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh orang tua
D.  Menjawab pertanyaan dalam KPSP oleh guru TK

9. Manakah pernyataan yang benar berikut ini yang merupakan interpretasi hasil KPSP.....
A.  Jumlah  jawaban  “ya”  =  7  atau  8,  perkembangan  anak  sesuai  tahap perkembangannya (S)
B.  Jumlah  jawaban  “ya”  =  6  atau  kurang,  perkembangan  anak  meragukan (M)
C. Jumlah  jawaban  “ya”  =  9  atau  10,  perkembangan  anak  sesuai  tahap perkembangannya (S)
D. Jumlah jawaban “ya” = 5 atau kurang, kemungkinan ada penyimpangan (P)

10. Jadwal untuk pelaksanaan deteksi untuk Tes Daya Dengar (TDD) adalah...
A.  Setiap 2 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
B.  Setiap 3 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
C.  Setiap 4 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas
D.  Setiap 6 bulan pada anak usia 12 bulan ke atas

11.  Berikut  ini  merupakan  faktor-faktor  yang  mempengaruhi  gangguan perkembangan fisik motorik, kecuali...
A.  Neuromuscular
B.  Cerebral Palsy
C.  Infeksi TORCH
D.  Disleksia

12. Salah satu bentuk stimulasi yang diberikan agar kemampuan berjalan anak dapat berkembang dengan baik adalah...
A.  Bermain  dengan  menggunakan  mainan  mobil-mobilan  yang  bisa  di dorong
B.  Bermain menendang bola
C.  Melompat di tempat atau trampolin
D.  bermain lempar tangkap bola

13. Gangguan perkembangan bahasa dimana anak pada usia seharusnya belum bisa mengucapkan kata spontan yang bermakna seperti “mama” atau “papa” di sebut...
A.  Afasia
B.  Disfasia
C.  Disgrafia
D.  Diskalkulia

14. Gangguan  perkembangan bahasa yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada pusat-pusat bahasa di cortex cerebri disebut...
A.  Afasia
B.  Disfasia
C.  Disgrafia
D.  Diskalkulia

15.  Penanganan  terhadap  anak  yang  mengalami  gangguan  bahasa  melalui pendekatan  yang  menekankan  pada  intervensi  dalam  bidang  persepsi auditori, ingatan, asosiasi, adalah.....
A.  Pendekatan proses
B.  Pendekatan perilaku
C.  Pendekatan Task Analysis Approach
D.  Pendekatan Interpersonal Interaktif

16.  Salah  satu  permasalahan  Psiko-sosial  pada  anak,  dimana  anak  suka melakukan tindakan kekerasan  baik fisik maupun  verbal  kepada guru  atau temannya adalah...
A.  Kecemasan
B.  Agresivitas
C.  Ketakutan
D.  Hiperaktif

17.  Berikut  ini  merupakan  faktor-faktor  eksternal  yang  menyebabkan  perilaku agresif pada anak, kecuali....
A.  Kemiskinan
B.  Suhu udara yang panas
C.  Meniru (Modelling)
D.  Orang tua yang terlalu melindungi

18. Salah satu faktor yang menyebabkan sifat pemalu pada anak adalah....
A.  Anak selalu ditinggal sendirian di rumah
B.  orang tua terlalu menetapkan aturan yang berlebihan
C.  Anak terlalu banyak menerima hukuman karena dianggap salah
D.  Anak kurang bersosialisasi di lingkungannya

19.  Salah  satu  bentuk  intervensi  yang  dapat  dilakukan  terhadap  anak  yang pemalu adalah....
A.  Pendidik  hendaknya  selalu  memberikan  dorongan  dan  pujian  pada anak
B.  Pendidik mengajarkan tentang kemandirian
C.  Memelihara kenyamanan dan keamanan
D.  Mengajarkan sifat kesadaran

20.  Aktivitas  motorik  yang  tinggi  pada  anak  dengan  ciri-ciri  aktivitas  selalu berganti,  tidak mempunyai  tujuan  tertentu,  berulang  dan  tidak  bermanfaat, disebut...
A.  Agresivitas
B.  Hiperaktif
C.  Impulsif
D.  Temper tantrum
Itulah contoh soal UKG untuk jenjang PAUD/TK pada komptensi pedagogik pokok bahasan Karakteristik dan permasalah Anak Usia Dini. Semoga bermanfaat.