Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bocoran Informasi Soal SKD CPNS Tahun 2019

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk menjaring CPNS rencananya akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020 s.d Februari 2020. Pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali dipercaya untuk menyusun soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD).

Penyusun Soal SKD CPNS Tahun 2019

Penyusunan soal SKD bagi para pendaftar CPNS ini melibatkan unsur dari berbagai kalangan, diantaranya Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Selain itu juga Kemendikbud melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun lalu yang merupakan dosen-dosen yang berkompeten dari berbagai perguruan tinggi, serta didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.

Penyerahan soal SKD CPNS Tahun 2020

Mendikbud Nadiem Makarim mengatakan, sebagai salah satu instrumen penting dalam menjaring calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkelas dunia, penyusunan soal SKD tahun 2019 dilaksanakan melalui beberapa tahapan dan dengan melibatkan berbagai pihak. Penyusunan kisi-kisi soal SKD tahun 2019 diawali dengan proses evaluasi soal dan kisi-kisi SKD tahun 2018. Dalam prosesnya, penyusunan soal SKD tahun 2019 menggunakan aplikasi yang difasilitasi oleh Badan Kepegawaian Negara.

Pada tahap akhir, untuk memastikan bahwa soal yang telah disusun sesuai dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar, telah dilakukan telaah bahasa oleh para ahli bahasa dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan (Puskurbuk).

Soal SKD CPNS 2019 telah diserahkan Mendikbud kepada Panselnas Pengadaan CPNS Tahun 2019 pada tanggal 13 Januari 2020 kemarin, yaitu Menteri PAN dan RB selaku Ketua Tim Pengarah Panselnas untuk selanjutnya dapat digunakan dalam Seleksi Pengadaan CPNS Tahun 2020 di lingkungan Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah. Proses selanjutnya setelah soal SKD CPNS 2019 diserahkan ke Panselnas adalah memasukkan soal tersebut ke dalam sistem seleksi CPNS.

Kemendikbud menyatakan komitmennya untuk selalu dapat membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan. Harapannya akan diperoleh calon-calon Aparatur Sipil Negara yang berintegritas, nasionalis, profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki jiwa keramahtamahan (hospitality), memiliki kemampuan membangun jejaring (networking), dan memiliki jiwa wirausaha (entrepreneurship), atau yang biasa disebut dengan SMART ASN.

Peserta Seleksi CPNS Tahun 2019

Berdasarkan data dari BKN, ada 4.197.218 calon peserta seleksi CPNS yang telah melakukan pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sekitar 3-juta orang dinyatakan telah lolos verifikasi administrasi dan akan diseleksi untuk memperebutkan 154.029 formasi. Formasi tersebut berada di instansi pusat dengan jumlah 37.584 formasi dan sebanyak 116.445 formasi berada di instansi daerah.

Jumlah Bank Soal SKD CPNS 2019

Soal SKD CPNS 2019 disusun oleh tim berjumlah 100 orang dari konsorsium 22 perguruan tinggi. Di antaranya ITB, UGM, UI, Unair, USU, UNDIP, Unpad, Unbra, USM, UPI, UNNES, UNJ, dll. Terdapat 8.500 butir soal yang terdiri tiga subtes, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Nantinya soal-soal ini akan dipilih oleh panitia untuk dapat digunakan dalam Seleksi CPNS 2019 yang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2020 s/d Februari 2020.

Untuk anda yang hendak mematangkan persiapan guna menghadapi seleksi CPNS besok, berikut ini telah saya uploadkan beberapa materi dan soal-soal latihan tes seleksi CPNS. Silakan anda download dan manfaatkan sebagai latihan. Semoga kesuksesan menyertai kita semuanya. Link download soal latihan seleksi CPNS Tahun 2019.

Post a Comment for "Bocoran Informasi Soal SKD CPNS Tahun 2019"